Home / BERITA VIHARA / Kunjungan Wisata Sejarah ke Museum Balaputra Dewa
arca Buddha yang ditemukan di daerah Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

Kunjungan Wisata Sejarah ke Museum Balaputra Dewa

pengarahan dari anggota patria Kegiatan DPD Patria Sumatera Selatan kali ini adalah kunjungan ke Museum Bala Putra Dewa bersama adik-adik Sekolah Minggu Vihara Dhamma Vijja. Pada tanggal 26 Desember 2010, kegiatan dimulai dengan melaksanakan puja bakti bersama di Vihara Dhamma Vijja pukul 8 pagi, kemudian dilanjutkan dengan berangkat ke tempat tujuan sekitar jam 10. Setelah tiba di museum, anggota Patria  dan adik-adik sekolah minggu berkeliling museum untuk melihat bukti-bukti sejarah masa lalu.

museumDari jaman purba seperti jaman batu, jaman manusia mulai mengenal logam, prasasti-prasasti kerajaan Sriwijaya dan Arca-Arca Buddha yang menunjukkan bahwa Agama Buddha telah ada dan berkembang di Sumatera Selatan sejak jaman dahulu kala. 

Setelah capek berkeliling, kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan games-games seru. Yang diikuti oleh para anggota PATRIA dan anak-anak sekolah minggu.

Ini sedikit penjelasan mengenai museum balaputera dewa.

Museum Bala Putra Dewa dibangun pada tahun 1977 dengan arsitektur tradisional Palembang di atas areal seluas 23.565 meter persegi dan diresmikan pada tanggal 5 Nopember 1984. Pada mulanya museum ini bernama Museum Negeri Propinsi Sumatera Selatan, selanjutnya berdasarkan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1223/1990 tanggal 4 April 1990, museum ini diberi nama Museum Negeri Propinsi Sumatera Selatan “Bala Putra Dewa”. Nama Bala Putra Dewa berasal dari nama seorang raja Sriwijaya yang memerintah pada abad VIII-IX yang mencapai kerajaan maritim.

melihat2 gedung pameran di museumDi museum ini terdapat sekitar 2000 koleksi barang-barang tradisional Palembang, ofset binatang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, dan beberapa miniatur rumah di pedalaman. Terdapat pula replika prasasti dari arca kuno yang pernah ditemukan di Bukit Siguntang.

 

 

 

 

 

ke rumah limasDi museum ini terdapat koleksi yang menggambarkan corak ragam kebudayaan dan alam Sumatera Selatan. Koleksinya terdiri dari berbagai benda histografi, etnografi, felologi, keramik, teknologi modern, seni rupa, flora dan fauna, serta geologi. Selain itu terdapat rumah Limas dan rumah Ulu asli yang merupakan rumah adat di propinsi Sumatera Selatan.

 

 

 

 

 

arca Buddha yang ditemukan di daerah Lubuk Linggau, Sumatera SelatanDemikianlah kegiatan kami. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian untuk dapat lebih mengenal daerah Sumatera Selatan, dan sebagai bukti bahwa Agama Buddha dan penyebaran Dhamma di Sumatera Selatan telah ada sejak jaman dahulu, dan sekarang kita sebagai generasi muda juga harus ikut berjuang menjaga dan mengembangkan Buddha Dhamma.

 

 

 

 

dalam museumreplika gua pada zaman prasejarah

Komentar Anda

Bagaimana Pendapat Anda

About Sasana Putto

Sasana Putto
Jika mampu, tolong dan bantulah orang lain. Jika tidak, setidaknya jangan mencelakakan orang lain.. Jangan menilai setiap hari dengan panen yang anda tuai, tetapi dengan benih yang anda tanam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>